Terapkan Siswaskeudes, Inspektorat Kotabaru Studi Komparasi ke Barito Kuala

Risky Ameliya Wati Kamis, 30 Maret 2023 41 Kali

Kotabaru, Inspektorat Kabupaten Kotabaru – Dalam rangka percepatan penerapan aplikasi Sistem Informasi Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes), Inspektorat Kabupaten Kotabaru melakukan studi komparasi ke Inspektorat Kabupaten Barito Kuala, Selasa (14/3/2023).

Hal ini sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 73 Tahun 2020 tentang Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa, yang menyebutkan bahwa aplikasi Siswaskeudes dapat digunakan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) sebagai tools pengawasan atas pengelolaan keuangan desa dengan pendekatan berbasis risiko dan Teknik Audit Berbantuan Komputer (TABK).

Inspektur Kabupaten Kotabaru H. Ahmad Fitriadi, S.H., M.Hum. mengatakan pihaknya perlu belajar dari pengalaman Inspektorat Kabupaten Barito Kuala yang telah menerapkan Siswaskeudes dalam pemeriksaan pengelolaan keuangan dan aset desa.

Berdasarkan pemaparan Inspektorat Kabupaten Barito Kuala, aplikasi Siswaskeudes ini dapat digunakan dari tahap perencanaan hingga pelaporan.

Dalam pelaksanaannya, Inspektorat Kabupaten Kotabaru perlu berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta Dinas Komunikasi dan Informatika terkait database SQL yang akan diakses pada aplikasi Siswaskeudes. (INSPEKTORAT)


KOMENTARI BERITA INI

Berita Terkait