Targetkan APE Kategori Mentor, Kalsel Dorong Implementasi Pengarusutamaan Gender

Risky Ameliya Wati Senin, 03 Oktober 2022 45 Kali

Kotabaru, Inspektorat Kabupaten Kotabaru – Provinsi Kalimantan Selatan ditargetkan memperoleh kategori mentor pada penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE). APE merupakan penghargaan yang diberikan pemerintah pusat sebagai pengakuan atas komitmen, upaya dan prestasi kementerian, lembaga serta pemerintah daerah atas pelaksanaan pembangunan yang menjamin kesetaraan dan keadilan gender.

Hal ini disampaikan saat Pelatihan Penyusunan Dokumen Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG) bagi Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis–Jumat (29-30 September 2022), di Ruang Rapat Aberani Sulaiman, Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Kota Banjarbaru.

Mengundang beberapa SKPD driver (penggerak) kabupaten/kota se-Kalsel, kegiatan ini bertujuan mendorong percepatan implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG) melalui PPRG. Disampaikan bahwa dukungan stakeholders terutama SKPD driver dan SKPD pelayanan menjadi salah satu prasyarat penting untuk mencapai tujuan tersebut. SKPD driver terdiri dari Bappeda, DPPPAPPKB, BPKAD, Inspektorat, BKPSDM dan DPMD.

Adapun prasyarat capaian PUG yaitu komitmen, kebijakan, kelembagaan, sumber daya, data terpilah, alat analisis dan partisipasi masyarakat. Ketujuh prasyarat ini saling berhubungan dan tidak berdiri sendiri, dimana komitmen stakeholders untuk melaksanakan PUG menjadi prasyarat utama dan dituangkan dalam kebijakan-kebijakan agar mudah dilaksanakan. (INSPEKTORAT)


KOMENTARI BERITA INI

Berita Terkait